Alat Yang Perlu Anda Gunakan Untuk Live Streaming

Alat Yang Perlu Anda Gunakan Untuk Live Streaming

Saat ini fenomena live streaming sedang marak dilakukan, karena selain dapat menambah engagement pada sosial media, metode tersebut juga dapat digunakan secara efektif untuk berjualan barang secara langsung. Untuk mengadakan live stream yang menarik, kamu perlu ruangan yang kondusif dan juga terlihat estetik agar penonton betah menonton siaran langsung kamu. Kamu bisa menggunakan penyadap suara dan hpl untuk menghias tembok atau studio kamu. Selain itu ada beberapa peralatan yang harus kamu siapkan sebelum melakukan siaran langsung. Peralatan tersebut adalah:

  1. Kamera

Alat pertama yang perlu Anda siapkan tidak lain  adalah kamera. Untuk  streaming langsung profesional, camcorder adalah pilihan pertama yang perlu Anda persiapkan. Namun, untuk keperluan  streaming langsung normal, Anda dapat menggunakan kamera mirrorless untuk keperluan fotografi dan pengambilan video.

2 Selain kamera webcam

kamu dapat menggunakan webcam sebagai alternatif  yang lebih murah. Webcam ini bisa menjadi pilihan lain untuk live streaming. Namun, saat berbicara tentang webcam, Qatros tidak berbicara tentang webcam tertanam perangkat. Namun, webcam eksternal yang dapat dibeli secara individual.

3 Smartphone

Tentunya jika ingin digunakan untuk live streaming, Anda perlu menyiapkan smartphone juga. Apalagi jika ingin  live streaming di berbagai platform media sosial  seperti Instagram dan TikTok.

  1. Capture Card

Bagi yang belum tahu, capture card ini merupakan perangkat keras yang membantu Anda untuk mengubah output HDMI menjadi perangkat input  perangkat Kamu seperti komputer dan laptop.

5 Live Switcher

Nah, ini adalah  perangkat atau alat yang membantu Anda mengubah tampilan atau sudut pandang dari posisi A ke B. Jika Kamu menggunakan lebih dari satu kamera  saat live streaming, Kamu mutlak harus menggunakan live switcher.

  1. Mikrofon

Bagaimana jika saya melakukan  streaming langsung dan saya tidak dapat mendengar audio apa pun? Ini menandakan bahwa Anda memerlukan mikrofon, yang merupakan salah satu perangkat untuk streaming langsung. Livestreaming biasanya menggunakan mikrofon kerah dan mikrofon nirkabel. 44474. Monitor Audio

Jika Anda adalah penyelenggara streaming langsung, misalnya. B. Webinar, monitor audio diperlukan. Tujuan dari alat ini adalah untuk mendengar bagaimana suara dihasilkan saat melakukan live streaming.

8 Mixer dan Sound Card

capture card dan live switcher, alat yang disebut mixer dan sound card adalah  alat yang mengubah data dari audio yang dihasilkan. Dengan  mixer dan kartu suara ini, suara yang dihasilkan oleh mikrofon ditangkap oleh mixer dan kartu suara dan dikirim ke komputer Anda untuk diproses sebagai output.

  1. Komputer dan Laptop

Alat yang paling penting dalam livestreaming itu sendiri adalah komputer atau laptop. Keduanya memproses data seperti video dan audio yang dikirim dari kartu pengambilan atau kartu suara dan menggunakannya sebagai output.

  1. Perangkat Lunak Penyiar Livestreaming

Last but not least, alat terakhir yang perlu Anda persiapkan untuk  streaming langsung adalah Perangkat Lunak Penyiar Livestreaming. Perangkat lunak ini membantu Anda dengan benar memproses data  yang dikirim dari kartu pengambilan atau kartu suara Anda. Software broadcaster ini menyiarkan output yang ditampilkan pada platform layanan live streaming.

10 peralatan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah di marketplace atau toko elektronik. Apabila kamu tidak memiliki ruangan yang kondusif untuk melakukan siaran langsung, kamu juga bisa menyewa studio live di tempat terdekat kamu. Karena selain kondusif, studio tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai macam perlatan yang kamu butuhkan untuk melkaukan siaran langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.