Ini Ragam Pencapaiannya Peruri Konsisten Terapkan Transformasi Digital

Ini Ragam Pencapaiannya Peruri Konsisten Terapkan Transformasi Digital

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) menjadi satu dari sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) yang konsisten menerapkan transformasi dalam proses bisnisnya di Indonesia. Misalnya, sejak 2019 Peruri memiliki produk tanda tangan digital (Peruri Sign) untuk mempermudah proses penandatanganan dokumen saat work from home karena kondisi pandemi. Peruri Sign banyak membantu perusahaan menjalankan operasional dan menjaga kinerjanya di masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah pelanggan produk digital Peruri sepanjang 2020 adalah sebanyak 105 perusahaan, yang 10 di antaranya adalah BUMN dengan aset terbesar. Seperti disampaikan Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri, Gandung Anggoro Murdani, di internal perusahaan, Peruri telah banyak melakukan digitalisasi dalam menjalankan proses bisnis. Transformasi digital dilakukan semata mata untuk meningkatkan efektivitas sejalan dengan program efisiensi biaya operasional perusahaan.

Program transformasi digital yang dijalankan Peruri merupakan buah konsistensi Peruri dalam menerapkan kompetensi utamanya sebagai perusahaan penjamin keaslian. Sejak 1971 Peruri telah dipercaya pemerintah untuk menjaminkan keaslian uang rupiah serta beberapa dokumen vital lainnya seperti paspor, meterai, pita cukai dan sertifikat tanah. Saat ini Peruri telah meningkatkan kemampuannya dalam menjaminkan keaslian produk atau dokumen elektronik melalui tiga lini produknya yaitu Peruri Sign, Peruri Code dan Peruri Trust.

Atas semua pencapaian ini, Perum Peruri diganjar penghargaan Special Recognition kategori Digital Shifting pada acara Anugerah BUMN 2021 ke 10 yang dilangsungkan Kamis, 8 April 2021 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta yang diserahkan oleh Dr Agus Nurudin, CEO Nielsen Indonesia kepada Gandung Anggoro Murdani. “Terima kasih kepada BUMN Track dan PPM Manajemen atas apresiasinya kepada Peruri," ujarnya. Dia mengatakan, penghargaan ini menjadi motivasi bagi perusahaannya untuk terus berupaya memberikan nilai tambah serta berinovasi dalam hal teknologi digital sehingga dapat membantu peningkatan efektivitas dan efisiensi perusahaan perusahaan di Indonesia.

SH Sutarto, CEO BUMN Track mengatakan, Anugerah BUMN 2021 ke 10 untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kiprah transformasi dan strategi unggul untuk bertahan di masa pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.