Panggung Pasukan Muda Tuan Rumah 3 Fakta Menarik Hasil Aston Villa vs Liverpool

Panggung Pasukan Muda Tuan Rumah 3 Fakta Menarik Hasil Aston Villa vs Liverpool

Berbagai fakta menarik menghiasi hasil pertandingan antara Aston Villa melawan Liverpool pada putaran ketiga Piala FA, Sabtu (9/1/2/2021) dinihari tadi. Dalam laga yang baru saja dilangsungkan di Villa Park, Liverpool sebagai tim tamu berhasil menang dengan skor1 4. Empat gol kemenangan Liverpool masing masing dicetak oleh Sadio Mane (4', 63'), Georginio Wijnaldum (60), dan Mohamed Salah (65').

Sementara, Aston Villa mendapatkan gol hiburan lewat pemain mudanya bernama Louie Barry pada menit 41. Liverpool berhak keluar sebagai pemenang sekaligus menyegel satu tempat di babak berikutnya. Dilansir BBC , terdapat beberapa fakta menarik yang mewarnai laga dimana Aston Villa menurunkan banyak pemain mudanya kali ini.

Pertama, ternyata lima pemain yang menghiasi starting eleven Aston Villa belum lahir ketika James Milner melakukan debut profesionalnya. Lima pemain muda Aston Villa yang masuk dalam list tersebut antara lain Sylla, Hayden, Bogarde, dan Chrisene. Milner sendiri tercatat melakoni debut muda dalam ajang Piala FA pada Januari 2003 saat Leeds United bertemu Scunthorpe.

Kedua adalah usia rata rata pemain Aston Villa dalam laga kali ini sekitar 18 tahun 224 hari. Sudah lebih dari tiga tahun sejak mereka memulai hal sama dengan rata rata usia 18 tahun 263 hari pada September 2017 silam. Dengan 16 pemain utama yang tak bisa tampil, performa para pemain muda Aston Villa dalam laga ini layak mendapatkan apresiasi lebih.

Apalagi mereka berhadapan dengan para pemain utama Liverpool yang telah kenyang dengan pengalaman. Ketiga, keberhasilan Louie Barry membobol gawang Liverpool ternyata menciptakan catatan bagus. Pemain yang baru berusia 17 tahun 201 hari itu adalah pemain termuda yang mencetak gol dalam gelaran Piala FA bagi tim asal Liga Inggris.

Sejak terakhir kali Rony Lopes (17 tahun 8 hari) pada Januari 2013 dalam laga Manchester City melawan Watford. Liverpool langsung memegang kendali permainan sejak menit awal pertandingan babak pertama. Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh pemain Aston Villa, di mana pada laga kali ini mereka memainkan tim U23.

Hasilnya ketika pertandingan memsuki menit ke 4, The Reds telah mampu unggul melalui Sadio Mane. Ia berhasil menubah papan skor menjadi 1 0 sekaligus mencatatkan namanya di papan skor, memanfaatkan umpan dari Neco Williams. Mampu unggul terlebih dahulu tak membuat Liverpool menurunkan intensitas permainan.

Debursan serangan terus dilancarkan anak asuha Jurgen Klopp ke lini pertahanan Aston Villa. Bermain melawan tim yang mengandalkan pemain U23 membuat Liverpool mampu menguasai jalannya pertandingan. Aston Villa terus memebuang bola jauh dari lini pertahanan bagitu The Reds gagal melancarkan serangan.

Memasuki menit ke 10, Jordan Henderosn dkk memilih untuk menurunkan intensitas serangannya. Memainkan penguasaan bola dilakukan oleh anak asuh Jurgen Klopp guna membuat celah di lini pertahanan tauan rumah. Perbedaan tingkat permainan kedua tim sangatlah jelas,

Jordan Henderson cs mampu menguasai bola selama mungkin. Terlebih lagi pemain Aston Villa memilih untuk menunggu di area pertahannnya sendiri. Memasuki menit ke 19 pertandingan, ston Volla kesulitan untuk mengembangkan permainannya.

Mereka benar benar di bawah kendali permainan Jurgen Kllopp. The Villans terus berjibaku untuk menahan gempuran lini serang Liverpool. Tak hanya sampai di situ, Ákos Onodi yang menjaga penjaga gawang Aston Villa mampu menunjukkan minat terbaik mereka.

Di menit ke 34 The Reds memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan. Namun sayang tembakan Fabino dari luar kotak pinalti masih bisa dipertahankan oleh Ákos Onodi. Dominasi jalannya pertandingan hingga menit ke 39 masih dipegang oleh Liverpool

Aston Villa yang hanya menyisakan satu pemain di lini serang mengakibatkan mereka ksulitan melancarkan serangan. Louie Barry yang diplot sebagai striker tunggal kesulitan untuk menciptakan peluang. Pergerakannya yang sendiri tanpa adanya sokongan dari second line membuat tim tuan rumah minim akan peluang matang.

10 menit jelang pertandingan babak pertama usai, The Reds mencoba menurunkan intensitas serangan. Ketika pertandingan menyisakan empat menit babak pertama, Villans mampu menayamakn kedudukan melalui Louie Barry Hingga babak pertama usai, skor bertahan 1 1 bertahan untuk kedua tim,

Liverpool langsung tancap gas ketika pertandingan babak kedua telah dimulai. The Reds sejatinya mampu menciptakan gol di menit ke 54 melalui Mohamed Salah. Namun gol tersebut dianulir karena pemain asal Mesir itu terlebih dahulu melakukan pelanggaran. Pertahanan Aston Villa jauh lebih baik di babak kedua ketimbang babak pertama.

Di mana dalam setiap mengawal pergerakan pemain The Reds, terdapat dua pemain Aston Villa yang melakukan penjagaan. Liverpool akhirnya kembali memimpin pada menit ke 60 melalui lesakan Wijnaldum. Pemain Timnas Belanda sukses membawa sementara the Reds unggul, usai memanfaatkan assist dari Takumi Minamino. Skor 1 2 untuk tim tamu.

Tak berhenti sampai di situ, Liverpool kembali menambah keunggulan pada menit 63 dan 65 melalui Sadio Mane dan Mohamed Salah. Skor berubah 1 4 untuk keunggulan Liverpool. Hingga pertandingan usai, skor tak berubah, Liverpool menang lewat skor 1 4.

Ákos Onodi (GK): Kaine Kesler, (c) Dominic Revan, Mungo Bridge, Benjamin Chrisene; Jake Walker, Mamadou Dialla Sylla, Arjan Raikhy, Callum Rowe, Layare Bogarde, Louie Barry Kelleher (GK): N Williams, R Williams, Fabinho, Milner: Henderson, Wijnaldum, Vurtis Jones, Sadio Mane, Takumi Minamino, Mohamed Salah

Leave a Reply

Your email address will not be published.