Siswa SD-SMP Dapat 10GB Cair dari Maret Kemendikbud Kembali Bagikan Kuota Internet Gratis

Siswa SD-SMP Dapat 10GB Cair dari Maret Kemendikbud Kembali Bagikan Kuota Internet Gratis

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali melanjutkan kebijakan pemberian bantuan kuota data internet untuk pembelajaran daring di jenjang pendidikan. Namun terdapat perbedaan bantuan kouta data di 2021 kali ini, karena kuota yang diberikan berupa kuota data umum secara penuh. Lagi gabungan antara kuota belajar dan kuota umum.

Hal tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam tayangan Live Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 di kanal YouTube Kemendikbud RI pada (1/3/2021) siang. "Karena kami mendengar banyak masukan dari masyarakat untuk meningkatkan fleksibilitas dari penggunaan kuota internet tersebut." "Jadi di 2021 akan memberikan kuota, tapi dengan jumlah gigabyte yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya."

"Tetapi kuota ini merupakan kuota umum, jadinya bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi laman dan aplikasi, kecuali aplikasi yang diblokir," kata Nadiem Makarim. Situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Twitter

Instagram Facebook, dan Tiktok

Namun daftar situs dan aplikasi yang dikecualikan tersebut juga dapat bertambah sewaktu waktu. Kabar baiknya bantuan kuota internet ini juga sudah bisa mengakses YouTube. Karena banyak pendidik menilai terdapat banyak bahan materi pembelajaran yang bisa digunakan di YouTube.

"Karena sekarang kuota umum, YouTube sudah masuk ke dalam kuota ini dan bisa digunakan." "Kami banyak mendengar dari banyak guru dan murid murid, banyak materi pembelajaran dari YouTube, jadinya kami mempunyai kabar gembira." "Walaupun volume gigabyte nya tidak sebesar yang sebelumnya tapi penggunaannya jauh lebih fleksibel."

"Jadi kami mendengarkan semua masukan dari masyarakat. Ini adalah modifikasi yang kita lakukan sehingga kita bisa mencapai titik tengah di mana cukup gigabyte nya, tapi kualitas dan fleksibilitas penggunaannya dimaksimalkan sebesar mungkin," ungkap Nadiem. Dikutip dari Peraturan Sekretaris Jenderal (Persesjen) Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2021, rincian Bantuan paket kuota data internet sebagai berikut: 1. Paket Kuota Data Internet untuk Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dengan besaran kuota sebanyak 7 GB setiap bulan selama tiga bulan berturut turut.

2. Paket Kuota Data Internet untuk Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, dengan besaran kuota sebanyak 10 GB setiap bulan selama tiga bulan berturut turut. 3. Paket Kuota Data Internet untuk Mahasiswa dan Dosen, dengan besaran kuota sebanyak 15 GB setiap bulan selama tiga bulan berturut turut. 4. Paket Kuota Data Internet untuk Pendidik, dengan besaran kuota sebanyak 12 GB setiap bulan selama tiga bulan berturut turut.

Sisa kuota paket data internet yang tidak terpakai setiap bulannya akan hangus atau tidak bersifat kumulatif untuk bulan selanjutnya. Penerima bantuan paket kuota data interner di antaranya: Peserta didik pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar dan menengah;

Pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah; Mahasiswa; dan Dosen.

Penerima Bantuan paket kuota data internet harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: 1) Terdaftar di aplikasi Dapodik; dan 2) Memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik/orang tua/anggota keluarga /wali.

1) Terdaftar di aplikasi Dapodik dan berstatus aktif; dan 2) Memiliki nomor ponsel aktif. 1) Terdaftar di aplikasi PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang double degree;

2) Memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan; dan 3) Memiliki nomor ponsel aktif. 1) Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif;

2) Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP); dan 3) Memiliki nomor ponsel aktif. Penyaluran Bantuan paket kuota data internet dilakukan selama tiga bulan dari Maret hingga Mei 2021 dengan jadwal sebagai berikut:

A. Bulan pertama pada tanggal 11 sampai dengan 15 Maret 2021; B. Bulan kedua pada tanggal 11 sampai dengan 15 April 2021; dan C. Bulan ketiga pada tanggal 11 sampai dengan 15 Mei 2021.

Bantuan paket kuota data internet memiliki masa berlaku 30 hari terhitung sejak paket kuota data internet diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik Setiap nomor ponsel penerima Bantuan dapat menerima paling banyak tiga Bantuan paket kuota data internet dengan ID penerima Bantuan yang berbeda. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsuk kunjungi laman resmi

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.