Kenalan Dengan Sinbiotik yang Memiliki Banyak Manfaat

Kenalan Dengan Sinbiotik yang Memiliki Banyak Manfaat

Sebelum kenalan dengan sinbiotik ini, sudahkah Anda tahu perbedaan prebiotik dan probiotik? Dalam artikel sebelumnya disebutkan, bahwa probiotik merupakan mikroorganisme baik yang dapat membantu sistem kerja tubuh. Sedangkan prebiotik adalah makanan yang membantu perkembangan mikroorganisme tersebut.

Lalu, apa itu hubungannya sih sinbiotik dengan probiotik dan prebiotik ini? Sinbiotik adalah gabungan dari 2 hal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Gabungan dari dua zat tadi memiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi sistem metabolisme tubuh. Salah satunya yakni mencegah alergi yang diturunkan orang tua kepada anak.

Macam-Macam Manfaat Sinbiotik Untuk Anak

Selain memiliki kegunaan untuk mengurangi alergi yang pada anak, sinbiotik ini memiliki berbagai macam manfaat yang bisa dapatkan untuk membantu perkembangan tubuh anak loh. Contohnya seperti penjelasan berikut.

  • Memberikan Keseimbangan Bakteri Pada Usus

Seperti halnya probiotik dan prebiotik yang membantu usus lebih seimbang dalam penyerapan nutrisi, maka sinbiotik juga memiliki fungsi yang sama. Tentu saja hal ini membuat usu terhindar dari berbagai permasalahan kesehatan yang sering menyerang anak.

  • Melindungi Fungsi dari Organ Hati

Karena usus terlindungi keseimbangannya dengan baik, tentu saa membantu menjaga fungsi hati dengan baik. Hati semakin ringan tugasnya dalam menyaring zat nutrisi dalam makanan yang akan diserap oleh tubuh nantinya.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Karena nutrisi dalam makanan dapat terserap dengan baik, maka sistem imun tubuh anak juga meningkat seiring waktu. Hal ini juga membantu anak berkurang alerginya seiring waktu mereka berkembang (apabila anak memiliki alergi turunan ya).

Contoh Produk Sinbiotik

Setelah tahu manfaat apa saja yang bisa didapatkan, yang terakhir kami akan membahas produk apa saja yang bisa mengandung sinbiotik ini.

  1. Susu. Beberapa jenis olahan susu biasanya memiliki kandungan sinbiotik ini. Misalnya saja susu formula yang mengandung probiotik B.breve dan prebiotik FOS:GOS.
  2. Beberapa macam buah-buahan seperti pisang
  3. Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian

Itu dia pengenalan sinbiotik berserta manfaat dan contoh produknya. Anda bisa mendapatkan kandungan zat ini dengan mudah dari berbagai jenis makanan dan minuman di sekitar. Nah, apakah Anda ingin mencoba juga untuk diberikan kepada anak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.